Rekomendasikan Eks Penjara Kalisosok Jadi Obyek Wisata, Ahli Cagar Budaya Berikan Alasannya

eks penjara kalisosok direkomendasikan menjadi obyek wisata

(Foto: KOMPAS.COM/GHINAN SALMAN)

PurnaYudhaOnline.com – Eks Penjara Kalisosok yang ada di Jalan Kasuari, Surabaya, Jawa Timur, direkomendasikan untuk jadi wisata sejarah.

Tim Ahli Cagar Budaya Prof Purnawan Basundoro mengatakan, Penjara Kalisosok merupakan bangunan cagar budaya, sehingga tidak boleh dibiarkan rusak dan harus terawat. “Kemudian yang kedua, Penjara Kalisosok ini bangunan yang memiliki sejarah cukup panjang, dan dalam sejarah yang panjang itu, banyak sekali muncul cerita-cerita yang menarik perhatian masyarakat,” kata Purnawan, saat dihubungi, Jumat (16/4/2021).

Apabila bangunan penjara itu rusak, tentu masyarakat Kota Surabaya akan kehilangan salah satu bangunan cagar budaya yang cukup penting.

“Kalau penjara itu kemudian dimanfaatkan untuk kepentingan yang lebih luas, itu pasti akan menarik minat orang. Karena penjara ini dari mulut ke mulut, cerita-cerita mengenai penjara ini kan dalam perkembangan sejarah penuh dengan berbagai cerita menarik gitu ya,” kata dia.

“Sehingga kalau penjara ini dibuka untuk keperluan menarik orang untuk datang ke situ, pasti akan banyak yang tertarik,” imbuh dia. Karena alasan itu, sudah selayaknya bangunan cagar budaya seluas tiga hektare lebih itu dialihfungsikan sebagai wisata cagar budaya di Kota Surabaya.

Menurut Purnawan, wisata penjara merupakan wisata yang terbilang unik sehingga para pelancong diyakini akan berkunjung ke wisata tersebut.

“Dengan adanya Wisata Penjara Kalisosok dapat mengoptimalkan pemanfaatan cagar budaya yang terbengkalai. Wisata penjara merupakan jenis wisata yang terbilang unik. Selain sebagai tempat wisata yang memiliki edukasi, penjara ini juga memiliki kesan horor,” ujar Purnawan.

Menurut dia, jika Penjara Kalisosok dijadikan sebagai tempat wisata, maka juga harus diintegrasikan dengan sejumlah wisata kota lama di Surabaya. Sebab, selain Penjara Kalisosok, di sekelilingnya juga terdapat banyak bangunan cagar budaya lain yang cukup terawat. (dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GO